Monday 11 March 2013

CONTOH PROPOSAL USAHA CUCI MOBIL




CONTOH PROPOSAL USAHA CUCI MOBIL

A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Jumlah kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan jumlah kendaraan ini akan membutuhkan jasa pencucian mobil dan motor yang lebih banyak lagi. Bisnis cuci mobil dan motor akan terus bagus dan menghasilkan keuntungan bagi yang segera memulainya.
Prospek usaha cuci mobil ada kecenderungan sangat cerah dan menguntungkan. Bisnis jasa ini tidak mengenal musim, baik musim panas maupun musim hujan. Pada musim hujan, kecenderungan terjadi lonjakan peningkatan pengguna jasa cuci kendaraan bermotor. Penyebabnya adalah ketika mobil atau motor sehabis kena hujan harus segera dicuci agar tidak korosi atau karat. Jasa cuci mobil biasanya lebih bersih karena menggunakan air yang disemprotkan dengan tekanan tinggi. begitu juga selesai dicuci akan dikeringkan dengan blower sehingga benar-benar kering kembali dan bersih.
Melihat fakta ini kami yakin usaha cuci mobil dan motor akan terus diburu oleh para pemilik kendaraan. Disamping hasilnya lebih bersih, jaminan kendaraan akan terbebas dari korosi dan kerusakan lain akan terjaga. Itulah yang membuat konsumen lebih memilih jasa cuci mobil daripada mencuci mobil sendiri di rumah.
2. Tujuan
1)      Memberikan layanan prima untuk keawetan kendaraan dan terhindar dari korosi/karatan.
2)      Menciptakan lapangan kerja bagi para lulusan sekolah yang tidak terserap dalam lapangan kerja yang ada.
3)      Memberi kemudahan bagi pemilik kendaraan bermotor agar tidak antre berlama-lama karena keterbatasan jumlah jasa cuci mobil

B. PEMASARAN PRODUK
1. Segmen Pasar
Segmen pasar adalah pemilik mobil dan motor di perkotaan dan pedesaan. Pengusaha rental mobil dan biro perjalanan.
2. Harga Produk
Cuci mobil biasa: 25.000, cuci salju: 30.000,  cuci sepeda motor: 10.000
3. Strategi Pemasaran
Pemasaran melalui pusat-pusat perdagangan dan penjualan mobil bekas di sekotar lokasi kami. Bentuk pemasaran dengan membuat selebaran dan pengumuman melalui radio.
4. Keunggulan
Pengerjaan bersih dan cepat. Jika tidak sesuai dengan waktu yang dijanjikan, konsumen berhak tidak membayar alias gratis. Dengan layanan seperti ini konsumen akan berlomba-lomba datang ke jasa cuci mobil kami.
C. TENAGA KERJA
Merekrut anak-anak muda yang baru lulus sekolah menengah atas yang sedang mencari lowongan kerja. Disamping itu, kami sendiri sudah ahli karena telah berpengalaman dalam jasa cuci mobil selama lebih dari 10 tahun.
D. PERALATAN YANG DIPERLUKAN
1. Satu kompresor
2. Satu mesin air untuk steam
3. Satu mesin steam system snow wash (busa salju)
4. Vacuum cleaner
5. Bak penampungan air
6. Seragam karyawan
7. Media promosi
8. Peralatan mencuci: Sikat, Kanebo, Kuas berbagai ukuran, Kain bol, sabun Busa, Salju.
E. LOKASI USAHA
Di sekitar daerah perkotaan agak pinggiran. Lokasi dekat pusat perbelanjaan, perkantoran, atau di sekitar perumahan yang padat penduduk.
F. ESTIMASI ANGGARAN
Penghitungan anggaran disesuaikan dengan harga peralatan, biaya modal kerja, dan gaji karyawan. (harus dirinci dengan angka-angka konkret berdasarkan realitas harga satuan barang)

G. PENUTUP
Usaha cuci mobil dan motor memiliki prospek yang cerah. Bagaimanapun kesibukan orang yang begitu padat tidak ada lagi waktu untuk mencuci mobil. Pilihan terbaik adalah menyerah urusan cuci mobil kepada jasa usaha pencucian kendaraan bermotor.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes